METODE PENELITIAN
Rancangan penelitian
Yang akan digunakan yaitu penelitian dalam analisis
kondisi traffic light pada perempatan lalu lintas di Jakarta dan penelitian
eksperimen terhadap teknologi yang akan diterapkan. Sehingga akan diuji untuk
kelayakan penggunaan diseluruh perempatan yang ada traffic light guna untuk
mengurangi kemacetan. Dalam penelitian kondisi traffic light merupakan dimana proses
untuk mencari kepadatan kendaraan pada waktu tertentu sehingga didapat hasil
yang digunakan untuk penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah
penelitian percobaan yang akan disimulasikan terhadap apklikasi perhitungan
pada putaran waktu hasil dari analisis kondisi perempatan traffic light.
Dalam penelitian eksperimen pemantauan terhadap
traffic light akan terus digunakan guna mencari system teknologi yang akan
dipasang pada traffic light sesungguhnya. Teknologi yang dipasang putaran waktu
pada traffic light berbasis webcam. Dimana dalam system ini webcam digunakan
sebagai system yang dapat menyimpulkan jumlah objek kendaraan sama dengan waktu
putaran traffic light, dimana webcam tersebut sebagai sensor dalam tahap
pemrosesan, sehingga hasil akhirnya untuk acuan system yang lebih komplek.
Tabel WAKTU KEPADATAN KENDARAAN
|
||||||||
NO
|
JAM
|
HARI
|
||||||
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
MINGGU
|
||
1
|
05:00-06:00
|
|||||||
2
|
06:00-07:00
|
|||||||
3
|
07:00-08:00
|
|||||||
4
|
08:00-09:00
|
|||||||
5
|
09:00-10:00
|
|||||||
6
|
14:00-15:00
|
|||||||
7
|
15:00-16:00
|
|||||||
8
|
16:00-17:00
|
|||||||
9
|
17:00-18:00
|
|||||||
10
|
18:00-19:00
|
|||||||
11
|
19:00-20:00
|
|||||||
12
|
20:00-21:00
|
|||||||
KETERANGAN
|
||||||||
MERAH
= PADAT SANGAT
|
||||||||
KUNING
= PADAT
|
||||||||
HIJAU
= RAMAI LANCAR
|
||||||||
BIRU
= LANCAR
|
Dilihat
dari tabel warna kepdatan kendaran pada hari kerja dan jam yang ditentukan
dengan menggunakan uji statistic jumlah kendaraan yang lewat perjam pada hari
yang ditentukan dapat dilihat sesuai tabel dibawah ini akan menjelaskan
kendaraan yang lewat, sesuai pantauan kamera webcam yang sudah dipasang di
setiap titik traffic light.
Dalam
tabel diatas kita dapat menentukan jumlah waktu tunda yang akan disimulasikan
melalui aplikasi yang dibuat dan telah dihitung dengan benar. Sehingga akan
disimulasikan dan di uji kelayakan. Dibawah ini akan dijelaskan waktu tunda
yang diperlukan dengan mengubah setiap 1 jam sekali pada jam tertentu. Pada jam
tidak tertentu nilai waktu tunda pada traffic light akan tetap.
TABEL JUMLAH WAKTU TUNDA PADA 4 JALUR TRAFFIC LIGHT
|
||||||||
NO
|
JAM
|
HARI DAN SATUAN TUNDA DETIK
|
||||||
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
MINGGU
|
||
1
|
00:00-05:00
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
2
|
05:00-06:00
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
3
|
06:00-07:00
|
|||||||
4
|
07:00-08:00
|
|||||||
5
|
08:00-09:00
|
|||||||
6
|
09:00-10:00
|
|||||||
7
|
10:00-14:00
|
|||||||
8
|
14:00-15:00
|
|||||||
9
|
15:00-16:00
|
|||||||
10
|
16:00-17:00
|
|||||||
11
|
17:00-18:00
|
|||||||
12
|
18:00-19:00
|
|||||||
13
|
19:00-20:00
|
|||||||
14
|
20:00-21:00
|
|||||||
15
|
21:00-24:00
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
55
|
KETERANGAN : Pada tabel diatas pada kolom yang
tidak tercantum nilai waktu tunda akan diatur oleh teknologi berbasis sensor
webcam sebagai input untuk memproses proses penyimpulan yang akan diteruskan
pada proses selanjutnya berupa mengeluarkan nilai waktu tunda.
|
Tabel diatas disimpulkan untuk penelitian eksperimen
selanjutnya berupa system traffic light dengan sensor webcam. Dalam penelitian
tersebut akan disimulasikan dan di uji kelayakan penggunaan system tersebut.
Komentar
Posting Komentar